Pantai Sungai Cuka

Minggu, 23 April 2017 - Pantai Sungai Cuka merupakan salah satu pantai yang dimiliki Provinsi Kalimantan Selatan yang terletak di Kabupaten Tanah Bumbu, Desa Sungai Cuka, Kec. Satui (Sungai Danau). Daya tarik di Pantai Sungai Cuka adalah pohon-pohon kelapa yang tinggi, perkampungan nelayan dan pantai yang sangat landai yang panjangnya berkilo-kilometer dan relatif bersih. Dari pantai ini anda bisa melihat aktifitas tongkang dan tugboat pengangkut batubara dari kejauhan. Air laut di pantai ini tidak begitu jernih tetapi masih nampak bersih.

Jarak tempuh  menuju ke pantai sekitar 7 Km, untuk menuju pantai ini kita dapat naik kendaraan roda dua dan roda empat ±7 Km dari jalan poros (provinsi) di Kecamatan Satui, memerlukan waktu tempuh ±40 menit dan memerlukan waktu ± 3 jam kalau dari Banjarmasin. Adapun keindahan alam yang diberikan yaitu Terumbu Karang Batu Buaya yang berjarak sekitar 10 menit dari tepi pantai. Pada terumbu karang kita dapat menemui berbagai jenis terumbu dan biota laut. Tanpa snorkling pun kita dapat melihat terumbu karang bahkan dapat berjalan di atasnya.

Di tepi pantai kita juga dapat menikmati keindahan pantai dan berbagai fasilitas yang telah disediakan oleh warga sekitar seperti Cottage In, Cafe Joeluck, Gazebo, Bannana Boat, Snorkeling, Engine ATV, Perahu Tradisional Katir dan berbagai Makanan Khas Banjarmasin dan tentunya semuanya itu dapat di raih dengan harga yang murah.

Trip ini merupakan trip dadakan karena pada awalnya kami sekeluarga dan teman bapake ingin ke Objek wisata Air Panas Tanuhi dan bermalam disana tapi dikarenakan anak dari teman bapake ada yang demam ada yang batuk dan ada yang kurang enak badan dan dikarenakan hari libur dan pengen liburan yaudah kita ganti rencana ke pantai sungai cuka aja karena kalau pp sehari aja cukup memungkinkan. Dari Banjarmasin kami semua berangkat sekitar pukul 7 menggunakan 2 buah mobil, awalnya ragu ingin berangkat karena pagi itu hujan nya lumayan deras namun keinginan  liburan kami tidak mampu digetarkan walaupun hujan sederas apapun sehingga kami tetap berangkat, disekitar jalan A. Yani km 7-13 hujannya sangat deras sehingga mengganggu penglihatan dan akhirnya saya memacu mobil dengan kecepatan dibawah 40km/jam saja karena takut kalau terjadi apa-apa. Setelah memasuki daerah bati-bati ternyata disana tidak ada hujan dan cuacanya panas menggantang, dan setelah ± 3 jam kami semua sampai di depan papan baliho bertulisan wisata pantai sungai cuka masuk ke dalam ±7 Km, adapaun trek yang dilalui adalah ±3 Km jalan aspal dan ±4 Km jalan berbatu dan berlobang kecil-kecil dan akhirnya kami semua sampai di pinggir pantai, lalu kami langsung siapsiap untuk makan dikarenakan berangkat terlalu pagi sehingga kami lupa sarapan pagi 😄.













Sekarang rute untuk menuju Pantai Sungai Cuka:

Dari Banjarmasin ambil jalan menuju kota Pelaihari, bisa ambil jalan alternatif jorong, lewat jalan samping pom bensin dekat bundaran kijang lalu ambil kiri
Sumber Foto:zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Terus aja nanti ada simpang tiga, pilih kanan menuju kawasan perkantoran Pelaihari

Sumber Foto:zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Nanti ada dua belokan, mau pilih lurus atau belok kiri sama aja, tapi disaranin belok kiri karena lebih cepat
Sumber Foto:zainalhakimmsc.blogspot.co.id

 Belok kiri mengikuti tulisan "Jorong" kalo ke kanan kembali ke Pelaihari
Sumber Foto:zainalhakimmsc.blogspot.co.id

 Nanti di sekitaran kecamatan Jorong ada Pom bensin pertama, disini bisa dijadikan titik point jika ingin ke Pantai Swarangan atau Pantai Asmara (Muara Asam-Asam)
Sumber Foto:zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Tetap lurus melewati desa muara asam-asam, desa asam jaya, desa pandan sari, desa kintap kecil dan nanti bertemu tulisan "Selamat Jalan dan Batas Tanah Laut" disinilah titik point menuju Pantai Muara Kintap, karena tidak jauh dari sini memasuki desa Muara Kintap
Sumber Foto:zainalhakimmsc.blogspot.co.id

Tetap lurus hingga melewati jembatan timbang dan kurang lebih sekitar 1 Km akan terlihat baliho bertuliskan Pantai Sungai Cuka di kanan jalan, belok kesitu dan masuk lurus saja mengikuti jalan utama sampai terlihat pinggiran pantai di kiri jalan dan belok kiri ketika ada pertigaan dekat pantainya.
Tunggu apalagi teman-teman, ayo mulai liburan 😄😄

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer